Memahami Volume dan Kapasitas Paru-Paru Manusia

Diposting pada
Memahami Volume dan Kapasitas Paru-Paru Manusia
Rate this post

Volume dan kapasitas paru-paru pada setiap orang berbeda-beda, bergantung pada beberapa faktor, misalnya jenis kelamin usia, postur tubuh, kebiasaan merokok, kebiasaan berolahraga, ketinggian daerah tempat tinggal, kekuatan bernapas dan cara bernapas. Petter Reed (atlit olimpiade renang) tercatat sebagai orang yang memiliki kapasitas apru-paru total terbesar yaitu 11,68 liter. Volume dan kapasitas paru-paru dapat diukur menggunakan alat spirometer.

  1. Volume tidal (VT)

Adalah volume udara yang masuk atau keluar dari paru-paru selama pernapasan (ventilasi) normal. Volume tidal pada laki-laki dewasa yang sehat sekitar 500 mL, sedangkan wanita sekitar 380mL.

  1. Volume cadangan inspirasi (VCI)

Adalah volume udara ekstra yang masuk ke paru-paru dengan inspirasi maksimum di atas inspirasi tidal. Volume cadangan inspirasi pada laki-laki dewasa yang sehat sekitar 3.100 mL, sedangkan wanita sekitar 1.900mL.

  1. Volume cadangan ekspirasi (VCE)

Adalah volume udara ekstra yang dapat dikeluarkan dengan kuat pada akhir ekspirasi tidal. Volume cadangan ekspirasi (VCE) pada orang dewasa sehat laki-laki sekitar 1.200mL, sedangkan wanita sekitar 1.000 mL.

  1. Volume residu (VR)

Yaitu volume udara sisa dalam paru-paru setelah melakukan ekspirasi kuat. Volume residu penting untuk kelangsungan aerasi dalam darah pada saat jeda pernapasan. Volume residu pada laki-laki dewasa sekitar 1.200 mL sedangkan pada wanita 1.000 mL.

  1. Kapasitas residu fungsional (KRF)

Adalah jumlah udara sisa dalam sistem respirasi setelah ekspirasi normal atau sama dengan volume residu ditambah volume cadangan (KRF = VR+VCE). Kapasitas residu fungsional pada laki-laki dewasa sekitar 2.400mL, sedangkan pada wanita sekitar 1.800mL.

  1. Kapasitas inspirasi (KI)
Baca Juga  10 Gangguan pada Sistem Pernapasan Manusia

Adalah jumlah udara maksimal yangdapat diinspirasikan setelah melakukan ekspirasi normal, atau sama dengan volume tidal ditambah volume cadangan inspirasi (KI = VT+VCL). Kapasitas inspirasi pada laki-laki dewasa sekitar 3.600mL, sedangkan pada wanita sekitar 2.400mL.

  1. Kapasitas vital (KV)

Adalah jumlah udara maksimal yang dapat dikeluarkan kuat setelah inspirasi maksimum, atau sama dengan penambahan volume tidal, volume cadangan inspirasi dan volume cadangan ekspirasi (KV = VT+VCL+VCE). Kapasitas vital pada laki-laki dewasa sekitar 4800mL, sedangkan pada wanita sekitar 3.100mL.

  1. Kapasitas total paru-paru (KTP)

Adalah jumlah total udara yang dapat ditampung dalam paru-paru, atau sama dengan kapasitas vital ditambah volume residu (KTP = KV+VR). Kapasitas total paru-paru pada laki-laki dewasa 6.000 mL, sedangkan pada wanita dewasa 4.200 mL.

  1. Volume respirasi per menit

Adalah volume tidal dikalikan dengan jumlah pernapasan per menit.

  1. Volume ekspirasi kuat dalam satu detik (VEKI)

Adalah volume udara yang dapat dikeluarkan dari paru-paru yang terinflasi maksimum, pada saat detik pertama ekspirasi maksimum. VEKI sekitar 80% KV.

Spirogram volume dan kapasitas paru-paru
Spirogram volume dan kapasitas paru-paru

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Penjelasan Mekanisme Pernapasan  Terlengkap

http://dosenbiologi.co.id/penjelasan-mekan…pasan-terlengkap/ ‎