Mengamati Sistem Pernapasan pada Manusia

Diposting pada
Mengamati Sistem Pernapasan pada Manusia
Rate this post

Salah satu ciri makhluk hidup adalah melakukan pernapasan. Apakah pernapasan itu ? Secara umum, pernapasan (respirasi) merupakan proses menghirup dan menghembuskan udara. Namun, dalam fisiologi, pernapasan meliputi dua proses, yaitu pernapasan eksternal dan pernapasan internal. Pernapasan eksternal adalah rangkaian proses pertukaran oksigen dengan karbon dioksida antara tubuh dengan lingkungan eksternal. Sementara itu, pernapasan internal adalah proses-proses metabolisme penggunaan oksigen serta pembentukan karbon dioksida dan air yang terjadi pada mitokondria di dalam sel (intrasel). Oksigen diperlukan oleh sel-sel tubuh untuk memproduksi energi.

Struktur sistem respirasi
Struktur sistem respirasi
  1. Sistem Pernapasan pada Manusia

Sistem pernapasan pada manusia adalah sistem menghirup oksigen dari udara serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air. Dalam proses pernapasan, oksigen merupakan zat kebutuhan utama. Oksigen untuk pernapasan diperoleh dari udara di lingkungan sekitar. Alat-alat pernapasan berfungsi memasukkan udara yang mengandung oksigen dan mengeluarkan udara yang mengandung karbon dioksida dan uap air. Tujuan proses pernapasan yaitu untuk memperoleh energi. Pada peristiwa bernapas terjadi pelepasan energi. Sistem pernapasan pada manusia mencakup dua hal, yakni saluran pernapasan dan mekanisme pernapasan.

Saluran pernapasan atau tractus respiratorius (respiratory tract) adalah bagian tubuh manusia yang berfungsi sebagai tempat lintasan dan tampat pertukaran gas yang diperlukan untuk proses pernapasan. Saluran ini berpangkal pada hidung atau mulut dan berakhir pada paru-paru.

Sistem pernapasan pada manusia memiliki beberapa fungsi, yaitu :

  1. Mengambil oksigen (O₂) dari atmosfer ke dalam sel-sel tubuh.
  2. Melepaskan karbon dioksida (CO₂) yang dihasilkan oleh sel-sel tubuh ke atmosfer
  3. Merupakan jalur untuk pengeluaran air dan panas
  4. Membantu mempertahankan keseimbangan asam – basa dengan mengubah jumlah CO₂ dan H₂CO₃ sebagai penghasil ion H⁺
  5. Memungkinkan berbicara, menyanyi atau pembentukan vokal lainnya.
  6. Merupakan sistem pertahanan terhadap benda asing yang terhirup
  7. Mengeluarkan, memodifikasi, mengaktifkan atau menginaktifkan berbagai bahan yang mengalir melewati sirkulasi paru-paru.
  8. Meningkatkan aliran balik vena akibat aktivitas pernapasan.
  9. Sebagai indra penciumana, yang dilakukan oleh organ pernapasan hidung.
Baca Juga  Memahami Volume dan Kapasitas Paru-Paru Manusia

 

  1. Alat Pernapasan

Sistem pernapasan terdiri atas saluran dan organ pernapasan, serta pompa vertilasi paru-paru. Saluran pernapasan adalah tabung atau pipa yang mengangkut udara dari atmosfer ke kantong udara (alveolus) pada organ paru-paru. Pompa ventilasi paru-paru terdiri atas dinding dada, otot pernapasan yang memperbesar dan memperkecil ukuran rongga dada, pusat saraf pernapasan di otak yang mengendalikan otot pernapasan, serta saraf yang menghubungkan pusat pernapasan dengan otot pernapasan. Saluran dan organ pernapasan meliputi hidung, laring (pangkal tenggorokan), trakea (batang tenggorokan), bronkus (cabang batang tenggorokan) dan pulmo (paru – paru).

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Sistem Pencernaan Makanan pada Hewan Ruminansia

http://dosenbiologi.co.id/sistem-pencernaa…hewan-ruminansia/ ‎