Mengenal Macam-Macam Gangguan pada Kulit

Diposting pada
Mengenal Macam-Macam Gangguan pada Kulit
Rate this post

Penyakit dapat menyerang siapapun, tidak memandang usia dan dibagian tubuh mana saja. Gangguan pada kulit dapat terjadi karena berbagai hal, termasuk iklim, lingkungan, alergi, pola hidup yang tidak sehat, tempat tinggal yang kumuh dan lainnya. Bagian terluar tubuh ini merupakan pertahanan pertama saat kita terserang oleh mikroorganisme atau alrgen. Ketika organ tersebut mengalami gangguan, maka dapat menyebar ke bagian yang lain, bahkan dapat menyebabkan kematian. Beberapa gangguan pada kulit yang sering terjadi adalah sebagai berikut :

  1. Biang Keringat (miliaria)

Adalah ruam berbentuk bintik-bintik merah yang gatal, akibat tersumbatnya pori-pori kelenjar keringat yang dapat disebabkan oleh sel-sel kulit mati atau bakteri, biasanya muncul saat udara panas dan lembap.

  1. Hiperhidrosis

Adalah keluar keringat berlebihan yang terjadi pada seluruh badan atau bagian tubuh tertentu (misalnya telapak tangan atau kaki). Hiperhidrosis disebabkan oleh suatu penyakit atau faktor psikis.

  1. Anhidrosis

Adalah kulit tidak dapat berkeringat. Anhidrosis disebabkan oleh luka bakar, penyakit, pengaruh obat-obatan atau kelenjar keringat yang tidak mampu berfungsi lagi.

  1. Bromhidrosis

Adalah keringat berbau atau bau badan, bisa disebabkan oleh bakteri atau kelenjar keringat apokrin bekerja lebih aktif.

  1. Eksem (dermatitis)

Adalah radang kulit yang hebat, terasa yang akhirnya pecah mengeluarkan cairan. Eksem disebabkan oleh faktor keturunan, stres dan emosi atau kontak dengan senyawa alerganik (misalnya logam, zat pewarna, kosmetik, parfume, debu dan sabun).

  1. Kadas atau kurap

Adalah bercak-bercak kemerahan pada kulit, terkadang berbentuk bundar dan jernih di bagian tengahnya, kadas terjadi akibat infeksi jamur.

  1. Kudis
Baca Juga  Mekanisme Kerja Filtrasi Glomerulus Terlengkap

Adalah gatal akibat infeksi tungau dan kutu air.

  1. Athele’s foot

Adalah infeksi jamur di sela-sela jari kaki

  1. Vitoligo

Adalah gangguan pigmentasi sehingga kulit kehilangan melanin, tampak bercak-bercak putih yang bisa melebar pada kulit.

  1. Jerawat

Adalah kulit yang meradang, pori-pori tersumbat, terkadang menimbulkan kantung nanah. Jerawat terjadi akibat infeksi bakteri, perubahan hormonal atau kotoran.

  1. Pruvitus kutanea

Adalah gatal yang di picu oleh iritasi saraf sensoris perifer, dapat terjadi pada penderita kencing manis, penyakit kelenjar tiroid dan hati.

  1. Kalvus

Adalah penyakit mata ikan yang disebabkan oleh virus atau bakteri dan gesekan secara terus-menerus seperti pemakaian sepatu yang terlalu sempit.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : 9 Macam Gangguan Sistem Urinaria pada Manusia

http://dosenbiologi.co.id/9-macam-gangguan…ria-pada-manusia/ ‎