Mengenal Sistem Reproduksi Wanita Terlengkap

Sistem reproduksi wanita tersusun dari organ yang terletak di dalam tubuh dan di luar tubuh. Organ yang terletak di dalam tubuh yaitu ovarium, tuba Fallopi (tuba uterina/oviduk), uterus dan vagina. Organ yang terletak diluar tubuh yaitu vulva (pudendum).

  1. Organ Reproduksi Wanita

Organ reproduksi wanita bagian dalam
Organ reproduksi wanita bagian dalam

Organ reproduksi wanita adalah sebagai berikut :

  1. Ovarium (indung telur)

Berjumlah sepasang, terletak di rongga pelvis (panggul) serta berbentuk seperti buah kenari dengan ukuran panjang 3-5 cm, lebar 2-3 cm, dan tebal 1 cm. Ovarium berfungsi sebagai tempat oogenesis, serta menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. Struktur ovarium meliputi bagian-bagian :

  • Kulit (korteks) atau zona parenkimatosa terdiri atas tunika albuginea (epitel berbentuk kubus), jaringan ikat stroma yang mengandung folikel primordial dan folikel Graaf, serta sel-sel Walthard.
  • Inti (medula) atau zona vaskulosa, terdiri atas jaringan ikat stroma yang berisi pembuluh darah, serabut saraf dan otot polos.
  1. Tuba Fallopi (tuba uterina/oviduk)

Berjumlah sepasang, berukuran panjang 10 cm dengan diameter 0,7 cm. Tuba Fallopi memiliki bagian infundibulum (ujung terbuka berbentuk corong dengan fimbria untuk menyapu oosit yang terovulasi, ampula (segmen tengah) dan ismus (segmen dekat uterus). Dinding tuba memiliki epitel bersilia untuk menggerakkan oosit menuju ke uterus (memerlukan waktu 4-5 hari). Umumnya fertilisasi terjadi sepertiga bagian atas tuba Fallopi.

  1. Uterus

Organ tungggal berongga, berbentuk seperti buah pir terbalik, serta berukuran panjang 7 cm dan lebar 5 cm dengan diameter 2,3 cm. Uterus terletak di antara rektum dan kandung kemih. Dinding uterus tersusun dari perimetrium (terluar), miometrium (lapisan tengah jaringan otot polos), dan endometrium (terdalam). Endometrium mengalami perubahan selama siklus menstruasi. Endometrium berfungsi sebagai tempat implantasi zigot dan pertumbuhan janin.

  1. Vagina

Merupakan batang fibromuskular yang panjangnya sekitar 8-10 cm. Dinding vagina berlipat-lipat, elastis dan dilapisi oleh epitel pipih berlapis banyak yang memiliki reseptor untuk estrogen. Vagina berfungsi sebagai organ kopulasi, serta jalan aliran menstruasi dan jalan lahir bayi. Sebelum pubertas dan setelah menopause, konsentrasi estrogen rendah sehingga lapisan vagina tipis, akumulasi glikogen pada sel-sel mukosa sedikit, dan pH menjadi basa. Pada masa reproduktif, konsentrasi estrogen mengikat sehingga lapisan vagina tebal. Akumulasi glikogen yang tinggi pada sel-sel mukosa akan dimetabolisme oleh bakteri normal vagina menjadi asam laktat sehingga bersifat asam (pH 3,5-4,0).

  1. Vulva (pudendum)

Terdiri atas bagian-bagian :

  • Mons pubis, merupakan bantalan jaringan lemak berkulit. Mons pubis ditutupi rambut setelah masa pubertas.
  • Labia major (bibir besar), dua lipatan kulit longitudinal dari mons pubis merentang ke bawah dan bertemu di perineum dekat anus. Setelah masa pubertas ditutupi oleh rambut.
  • Labia minor (bibir kecil), dua lipatan di antara kedua labia major dan tidak ditutupi rambut. Labia minor mengandung kelenjar sebasea dan beberapa kelenjar keringat.
  • Klitoris, homolog dengan penis laki-laki, tetapi berukuran lebih kecil dan tidak memiliki lubang uretra. Klitoris memiliki dua korpus kavernosum dari jaringan erektil. Jaringan di klitoris mengandung banyak ujung saraf yang sensitif.
  • Vestibula, area yang dikelilingi labia minor, menutupi lubang uretra, mulut vagina dan saluran kelenjar Bartholin. Kelenjar Bartholin menghasilkan lendir saat oksitasi seksual.
  • Orifisium uretra, merupakan jalur keluar urine dan kandung kemih. Bagian tepi mengandung dua kelenjar parauretral (skene)
  • Mulut vagina, dikelilingi oleh membran yang disebut himen (selaput dara). Himen pada setiap wanita memiliki bentuk dan ukuran yang bervariasi.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat

Baca juga : 8 Macam Kelainan pada Sistem Koordinasi

https://sel.co.id/8-macam-kelainan…istem-koordinasi/ ‎

Mengenal Sistem Reproduksi Wanita Terlengkap
Rate this post