Rumah Pewaris & Bolaang Mangondow Adat Sulawesi Utara

Diposting pada

Rumah adat di Sulawesi Utara

Pulau Sulawesi adalah salah satu dari lima pulau utama di Indonesia. Bentuk pulau ini cukup unik yaitu sangat mirip dengan huruf K. Pulau ini terbagi menjadi beberapa provinsi. Salah satu provinsi tersebut adalah Provinsi Sulawesi Utara dengan ibukotanya Manado.

 

Rumah-Pewaris-&-Bolaang-Mangondow-Adat-Sulawesi-Utara

Provinsi Sulawesi sendiri terdiri dari 11 kabupaten dan 4 kota yang terkenal dengan berbagai alasan. Setidaknya ada dua jenis rumah adat di Sulawesi Utara yang digemari Suku Minahasa sebagai Suku Sulawesi Utara.

Jenis rumah adat dari Sulawesi Utara

1. Rumah ahli waris

Rumah Adat Pewaris merupakan rumah adat yang sangat khas dari suku Minahasa di Provinsi Sulawesi Utara. Rumah tersebut juga dikenal dengan nama Rumah Walewangkoa. Ciri-ciri yang terlihat adalah bentuk rumahnya seperti panggung dengan balok kayu dan 2 anak tangga di depan, tepatnya di sisi kanan dan kiri rumah.

Keunikan rumah adat suku Minahasa di Sulawesi Utara terletak pada bentuk konstruksi yang seluruhnya terbuat dari kayu sebagai bahan dasarnya. Rumah tradisional Pewaris atau Walewangkoa Sulawesi Utara ini memiliki tampilan yang bagus. Pada umumnya, penampilan masuk ke rumah panggung dengan tiang penyangga yang terbuat dari kayu kokoh.

Berdasarkan pesan bahwa kedua taruhan tersebut tidak boleh dihubungkan dengan apapun.

Bagian kolong rumah ahli waris sering digunakan oleh pemiliknya sebagai tempat penyimpanan gabah dan godong. Seperti halnya rumah adat lainnya, rumah adat terbagi menjadi beberapa bagian utama sebagai berikut:

Baca Juga  Nama & Biografi Wali Songo

Bagian depan

Bagian ini disebut bagian. Dimana bagian yang tidak dilengkapi dinding sangat mirip dengan teras. Lesar umumnya digunakan sebagai tempat adat tertua dan kepala suku yang ingin melakukan pengumuman kepada masyarakat.

Bagian Sekey atau Serambi

Serambi yang satu ini juga ada di depan. Meski begitu, masih berbeda dengan Lesar. Sekey dilengkapi dengan dinding dan terletak tepat setelah pintu masuk. Ruangan itu sendiri kemudian berfungsi untuk menerima tamu dan mengadakan upacara adat serta menjamu tamu.

Bagian pori

Pori merupakan tempat masyarakat sekitar menyambut tamu yang masih berhubungan dengan pemilik rumah. Terkadang ruang ini juga digunakan sebagai ruang perjamuan tamu wanita, sekaligus tempat anggota keluarga melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Pori-pori biasanya langsung terhubung ke beberapa ruangan yaitu dapur, ruang tidur dan ruang makan.

Keunikan rumah ahli waris ini terletak pada arsitektur bagian depan rumahnya. Perhatikan penataan 2 anak tangga kiri dan kanan rumah. Konon kisah bua Tangga yang ada sangat erat kaitannya dengan kepercayaan suku Minahasa dalam mengusir roh jahat. Ketika roh jahat naik satu tangga, ia turun ke tangga lainnya.

2. Bolaang Mangondow

Selain rumah adat Pewaris Sulawesi Utara atau Walewangko, terdapat juga rumah adat lainnya yaitu Bolaang Mangondow. Rumah ini memiliki atap dengan bentuk melintang dan bubungan yang cukup terjal. Tangga di bagian depan rumah memiliki teras tanpa dinding.

Sedangkan bagian dalamnya adalah ruang utama dan kamar tidur. Ruang utama juga memiliki ruangan lain seperti ruang benang, ruang makan dan tempat tidur serta dapur di bagian belakang rumah. Bolaang Mongondow sendiri merupakan salah satu daerah yang ada di Provinsi Sulawesi Utara. Daerah tersebut kaya akan budaya karena raja-raja dulu semua sistem dan aspek kehidupan masyarakat diatur oleh tatanan umum.

Baca Juga  Ukuran Kertas F4

Luas atau luas bangunan rumah adat di Sulawesi Utara sangat besar yaitu 8000 kilometer persegi, yaitu 54 persen dari luas wilayah Sulawesi Utara. Sejak tahun 2008 Bolaang Mongondow mengalami pemekaran wilayah yang hingga saat ini terbagi menjadi 4 kecamatan yaitu Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan serta 1 kotamadya yaitu Kota Kotamobagu.

Rumah adat di Sulawesi Utara ini memiliki atap melintang dengan jambul yang agak terjal. Seperti pada rumah adat sebelumnya, terdapat 2 undakan menuju bagian depan rumah. Ada juga serambi tanpa dinding. Terdapat 2 tipe kamar di dalam rumah yaitu kamar utama dan kamar tidur.

Ruangan utama rumah terdiri dari beberapa ruangan kecil lainnya seperti tempat makan, dapur dan area yang tak terduga. Dapurnya sendiri sama dengan rumah pada umumnya di bagian belakang rumah adat.

Baca Juga: