Mengenal Kelompok Alga (Alga Cokelat)

Diposting pada
Mengenal Kelompok Alga (Alga Cokelat)
5 (100%) 1 vote

Alga memiliki pigmen hijau daun yang disebut klorofil sehingga dapat melakukan fotosintesis. selain itu juga, alga memiliki pigmen lain yang dominan. Berdasarkan dominansi pigmen nya, Alga dapat dibedakan menjadi alga cokelat, alga merah, alga keemasan, diatom dan alga hijau. Kali ini akan membahas salah satu kelompok alga tersebut, yaitu Alga cokelat (Phaeophyta).

Warga alga cokelat ditimbulkan oleh pigmen cokelat (fukosantin) yang secara dominan menyelubungi warna hijau dari klorofil pada jaringan. Selain fukosantin, alga cokelat juga mengandung pigmen lain, seperti klorofil a, klorofil c, violasantin dan diadinosantin.

Alga cokelat merupakan alga yang memiliki talus terbesar dibandingkan jenis alga lainnya. Pada kondisi yang sesuai, Macrocystis sp atau alga cokelat raksasa dapat mencapai panjang 100 meter dan kecepatan tumbuh mencapai 15 cm perhari. Alga cokelat yang sering ditemukan ditepi pantai sedang mengalami fase diploid dari siklus hidupnya.

Gambar Fucus sp
Gambar Fucus sp
  1. Ciri-ciri Alga Cokelat

Ciri-ciri alga cokelat adalah sebagai berikut :

  1. Ukuran talus mulai dari mikrokopis sampai makrokopis. Berbentuk tegak bercabang atau filamen tidak bercabang.
  2. Memiliki kloroplas tunggal. Ada kloroplas yang berbentuk lempengan diskoid (cakram) dan ada pula yang berbentuk benang.
  3. Memiliki pirenoid yang terdapat didalam kloroplas. Pirenoid merupakan tempat menyimpan cadangan makanan. Cadangan makanan yang terdapat dalam alga ini berupa laminarin.
  4. Bagian dalam dinding sel tersusun dari lapisan selulosa, sedangkan bagian luar tersusun dari gumi. Pada dinding sel dan ruang antarsel terdapat asam alginat (algin)
  5. Mempunyai jaringan transportasi air dan zat makanan yang analog dengan jaringan transportasi pada tumbuhan darat.
Baca Juga  Ciri-Ciri Umum Echinodermata serta Penjelasannya

 

  1. Habitat

Alga cokelat umumnya hidup di air laut, terutama laut yang bersuhu agak dingin dan sedang. Hanya ada beberapa jenis alga cokelat yang hidup di air tawar. Didaerah subtropis, alga cokelat hidup didaerah intertidal, yaitu daerah litoral sampai sublitoral. Didaerah tropis, alga cokelat biasanya hidup dikedalaman 220 meter pada air yang jernih.

 

  1. Cara hidup

Alga cokelat bersifat autotrof. Fotosintesis terjadi dihelaiam yang menyerupai daun. Gula yang dihasilkan ditransportasikan ke tangkai yang menyerupai batang.

 

  1. Peranan alga cokelat dalam kehidupan

Alga cokelat bermanfaat bagi industri makanan dan farmasi. Algin (asam alginat) yang merupakan bagian koloid dari alga cokelat digunakan dalam pembuatan es krim, pil, tablet dan lain-lain. Selain itu, alga cokelat digunakan untuk makanan ternak dan sebagai pupuk karena kandungan nitrogen dan kaliumnya cukup tinggi sedangkan forfornya rendah.

 

  1. Reproduksi
Daur hidup Fucus sp
Daur hidup Fucus sp

Reproduksi pada alga cokelat terjadi secara aseksual dan seksual. Reproduksi aseksual dengan pembentukan zoospora, berflagela dan fragmentasi. Sedangkan reproduksi seksual terjadi secara oogami atau isogami. Reproduksi seksual alga cokelat hampir serupa dengan pembiakan generatif tumbuhan tingkat tinggi. Contohnya pada Fucus vesiculosus. 

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Mengenal Alga Hijau-Biru (Cyanobacteria)

http://dosenbiologi.co.id/mengenal-alga-hi…ru-cyanobacteria/ ‎