Proses Pertumbuhan dan Perkembangan serta Penjelasannya

Diposting pada
Proses Pertumbuhan dan Perkembangan serta Penjelasannya
Rate this post

Setelah sebelum nya menjelaskan secara lengkap pertumbuhan dan perkembangan awal, artikel ini akan berlanjut ke proses pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan khususnya pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan berbiji. Umumnya, Tumbuhan seperti makhluk hidup lain nya tentu mengalami proses tumbuh dan berkembang dalam kehidupan nya.

Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua istilah yang berbeda. Pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran dan berat, tetapi tidak dapat balik (irreversible). Pertumbuhan dapat di ukur secara kuantitatif. Perkembangan adalah proses perubahan dalam bentuk (morfogenesis). Perkembangan bukan merupakan besaran sehingga tidak dapat di ukur secara kuantitatif.

Proses pertumbuhan dan perkembangan
Proses pertumbuhan dan perkembangan

Pertumbuhan tumbuhan selalu terjadi sepanjang hidup nya. Berdasarkan lama nya waktu yang di gunakan untuk menyelesaikan siklus hidup (berkecambah, berbunga, muda dan dewasa) maka tumbuhan di kelompok kan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut :

  1. Pertumbuhan anual

Tumbuhan yang menyelesai kan siklus hidup nya selama lebih kurang satu tahun. Mulai dari berkecambah, berbunga, memproduksi benih, hingga mati. Sebagian besar tanaman sayur memiliki pola pertumbuhan semusim (anual crops). Tanaman sayur semusim ini menyelesaikan daur hidupnya dalam satu musim tanam, jadi setelah tanaman tersebut menghasilkan biji tanaman akan mati. Contohnya tumbuhan bunga morning glory, padi dan gandum.

  1. Tumbuhaan bienial

Tumbuhan yang menyelesaikan siklus hidup nya selama lebih kurang dua tahun. Pertumbuhan vegetative terjadi pada musim semi atau musim panas pertama, kemudian dilanjutkan dengan pembentukan alat generatif (bunga dan biji) pada musim semi atau musim panas tahun kedua. Contohnya tanaman bit dan wortel.

  1. Tumbuhan perennial
Baca Juga  Klasifikasi Tumbuhan Paku Lengkap

Tumbuhan yang menyelesai kan siklus hidup nya selama beberapa tahun. Contohnya tumbuhan kelompok pohon, perdu, dan beberapa jenis rumput.

Pertumbuhan dan perkembangan senantiasa berjalan secara bersamaan. Pada kedua proses tersebut terjadi fase pembelahan sel pembesaran ukuran sel, dan pematangan (diferensiasi) sel. Pada fase diferensiasi terjadi pembelahan sifat sel yang di sesuaikan dengan fungsi nya. Ketiga fase tersebut dapat dipelajari pada beberapa tingkat kehidupan tumbuhan. Contohnya pada tingkat pertumbuhan dan perkembangan awal (perkembangan embrio, perkecambahan) pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Pertumbuhan dan Perkembangan Awal pada Tumbuhan

http://dosenbiologi.co.id/pertumbuhan-dan-…al-pada-tumbuhan/