Zat-Zat Makanan yang Dibutuhkan Tubuh Manusia

Untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, disarankan mengomsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Bahan makanan apakah yang banyak mengandung antioksidan ? dan zat-zat makanan apa saja yang baik untuk di komsumsi oleh tubuh kita. Mari kita simak penjelasannya.

Zat-zat makanan disebut juga gizi atau nutrisi. Makanan bergizi adalah makanan yang mengadung karbohidrat, protein, lipid, vitamin dan mineral dalam jumlah yang mencukupi kebutuhan tubuh. Karbohidrat, protein dan lemak diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang banyak sehingga disebut makronutrien. Sementara itu, vitamin dan mineral diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit sehingga disebut mikronutrien.

Zat-Zat Makanan
Zat-Zat Makanan
  1. Karbohidrat (Hidrat Arang)

Karbohidrat paling banyak berasal dari tumbuh-tumbuhan yang melakukan fotosintesis. Karbohidrat dalam makanan berupa pati, sukrosa, laktosa dan fruktosa.

  1. Struktur karbohidrat

Karbohidrat merupakan senyawa yang terdiri atas karbon (C), hidrogen (H) dan oksigen (O). Karbohidrat dapat diklasifikasikan menjadi tiga kelompok sebagai berikut:

  • Monosakarida, terdiri atas satu gugus gula, contohnya glukosa, fruktosa dan galaktosa.
  • Disakarida, terdiri atas 2 gugus gula, contohnya sukrosa, laktosa dan maltosa.
  • Polisakarida, terdiri atas banyak gugus gula, contohnya pati. Ada dua tipe pati, yaitu amilosa dan amilopektin.
  1. Lemak (lipid)

Istilah lipid meliputi senyawa-senyawa heterogen, termasuk lemak dan minyak. Lipid bersifat sukar larut dalam air, tetapi pada keadaan tertentu membentuk emulsi (misalnya, saat dicerna di usus). Lipid larut dalam pelarut nonpolar (Misalnya etanol, eter, kloroform dan benzena). Lemak dapat menjadi tengik (ransiditas) jika terpapar oksigen dalam udara.

  1. Protein

Istilah protein berasal dari bahasa Yunani pretos (yang utama). Protein merupakan bagian terbesar tubuh sesudah air, sebanyak seperlima dari bagian tubuh. Diperkirakan sekitar 50% dari berat kering sel dalam jaringan tubuh, seperti hati dan daging, terdiri atas protein. Bagian tubuh lainnya seperti otot, tulang, kulit, darah, hormon, enzim dan matriks intraseluler.

  1. Vitamin

Vitamin adalah zat organik yang pada umumnya tidak dapat dibentuk oleh tubuh, sehingga harus diperoleh dari makanan yang dikomsumsi. Vitamin D dapat di buat sendiri di dalam kulit, asalkan cukup mendapatkan sinar matahari. Fungsi vitamin yaitu sebagai koenzim (bagian dari enzim) dan biokatalisator yang mengatur proses metabolisme, fungsi normal tubuh serta pertumbuhan.

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Penjelasan Tentang Sistem Pertahanan Tubuh Terlengkap

https://sel.co.id/penjelasan-tenta…tubuh-terlengkap/ ‎

Zat-Zat Makanan yang Dibutuhkan Tubuh Manusia
Rate this post