Mengenal Bagian-Bagian Daun Terlengkap

Diposting pada
Mengenal Bagian-Bagian Daun Terlengkap
Rate this post

Daun merupakan suatu bagian tumbuhan yang penting dan pada umumnya tiap tumbuhan mempunyai sejumlah besar daun. Alat ini hanya terdapat pada batang saja dan tidak pernah terdapat pada bagian lain pada tubuh tumbuhan. Nah sudah tau bukan daun itu apa?? Jadi selanjutnya kita akan membahas bagian-bagian daun nya. Yukk disimak..

Daun yang lengkap mempunyai bagian-bagian berikut :

  1. Upih daun atau pelepah daun (vagina)

  2. Tangkai daun (petiolus)

  3. Helaian daun (lamina).

Daun lengkap dapat dijumpai pada beberapa macam tumbuhan misalnya : pohon pisang ( Musa paradisiaca L). Pohon pinang dan pohon bambu dan lain-lain.

Tumbuhan yang mempunyai daun yang lengkap tidak begitu banyak jumlah jenisnya. Kebanyakan tumbuhan mempunyai daun. Yang kehilangan satu atau dua bagian dari tiga bagian tesebut diatas. Daun yang demikian dinamakan daun tidak lengkap.

Stuktur daun
Stuktur daun

Mengenai susunan daun yang tidak lengkap ada beberapa kemungkinan :

  1. Hanya terdiri atas tangkai dan helaian saja : lazimnya lalu disebut daun bertangkai. Susunan daun yang demikian itulah yang paling banyak ditemukan. Sebagian besar tumbuhan mempunyai daun yang demikian tadi, misalnya : Nangka (Artrocarphus integra Merr)
  2. Daun terdiri atas upih dan helaian, daun yang demikian ini disebut daun berupih atau daun berpelepah seperti lazim yang didapati pada tumbuhan yang tergolong suku rumput, misalnya : Padi (Oryza sativa L). Jagung ( Zea mays).
  3. Daun hanya terdiri dari helaian saja tanpa upih dan tangkai. Sehingga helaian langsung melekat atau duduk pada batang. Daun yang demikian susunannya dinamakan daun duduk (sessillis). Misalnya pada Biduri (Calotropis gigantea R).
  4. Daun hanya terdiri atas tangkai saja, dan dalam hal ini tangkai tadi biasanya lalu menjadi pipih sehingga menyerupai helaian daun. Jadi merupakan suatu helaian daun semu atau palsu dinamakan : Filodia, seperti terdapat pada berbagai jenis pohon Acacia yang berasal dari Australia, misalnya : Acacia auricuriformis

Selain bagian-bagian tersebut diatas dan kemungkinan lengkap atau tidaknya bagian-bagian tadi, daun pada suatu tumbuhan sering kali mempunyai alat-alat tambahan atau pelengkap, antara lain berupa :

  1. Daun penumpu (stipula) biasanya berupa dua helai lembaran berupa daun yang kecil, yang terdapat dekat dengan pangkal tangkai daun dan umumnya berguna untuk melindungi kuncup yang masih muda.
  2. Selaput bumbung (ocrea). Alat ini berupa selaput tipis yang menyelubungi pangkal suatu ruas batang, jadi terdapat diatas suatu tangkai daun. Selaput bumbung dianggap sebagai daun penumpu yang kedua sisinya saling berlekatan dan melingkari batang, terdapat antara lain pada Polygonum sp.
  3. Lidah-lidah (ligula), suatu selaput kecil yang biasanya terdapat pada batas antara pupih dan helaian daun pada rumput (Gramineae).
Baca Juga  Daun - Penjelasan Upih Daun, Tangkai daun dan Helaian daun Terlengkap

Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : Mengenal Berbagai Macam Teknologi Sistem Gerak

http://dosenbiologi.co.id/mengenal-berbaga…ogi-sistem-gerak/ ‎